Selasa, 14 September 2021

Cara Membersihkan Telinga Yang Baik

Kotoran telinga, juga dikenal sebagai serumen, adalah zat lunak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di saluran telinga. Serumen, di sisi lain, bukan sekadar kotoran telinga. Kotoran ini melindungi telinga dengan menangkap debu, menghambat perkembangan kuman, dan mencegah air masuk ke telinga. Jika jumlah kotoran telinga tidak banyak, itu tidak akan menimbulkan masalah. Penumpukan kotoran telinga dapat menyumbat telinga, mengakibatkan ketidaknyamanan dan gangguan pendengaran. Namun jika anda ingin membersihkannya juga ada cara membersihkan telinga.


Cara Membersihkan Telinga Dengan Alat

Lilin telinga tidak boleh digunakan untuk membersihkan telinga karena tidak terbukti bermanfaat. Lilin telinga dapat menyebabkan kerusakan dengan menyebabkan sensasi terbakar dan menyumbat saluran telinga. Cara membersihkan telinga  selanjutnya menggunakan cotton bud sangat umum digunakan untuk membersihkan telinga. Anda harus menyadari bahwa menggunakan cotton buds atau benda lain untuk menghilangkan kotoran telinga sebenarnya dapat mendorongnya lebih jauh ke dalam telinga, menyebabkan kerusakan pada telinga.

Cara Membersihkan Telinga Pakai Obat Tetes

Obat tetes telinga dan baby oil lebih baik untuk membersihkan telinga daripada ear candle. Obat tetes telinga tersedia tanpa resep di apotek. Kedua zat ini membantu melunakkan gumpalan kotoran telinga, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Miringkan kepala anda dan oleskan air hangat di satu telinga dua hari setelah memasukkan obat tetes. Kemudian, untuk menghilangkan kotoran, miringkan ke arah lain.

Anda harus mengulangi prosedur ini berkali-kali sampai semua kotoran hilang. Namun, jika telinga anda terinfeksi, anda sebaiknya tidak menggunakan cara membersihkan telinga ini. Teknik ini juga berisiko mendorong kotoran lebih dalam ke saluran telinga, yang sudah halus. Jika teknik ini gagal mengurangi kotoran telinga, kunjungi tht. Dokter akan menggunakan alat penghisap khusus atau irigasi telinga untuk mengeluarkan kotoran telinga anda.