Cara Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan mesin mobil tentu menjadi rutinitas yang dialami oleh pemilik kendaraan. Membersihkan mesin tentu akan menambah kenyamanan anda saat memakai kendaraan tersebut. Tak hanya itu, membersihkan mesin mobil juga akan menjaga komponen-komponen yang ada di dalamnya. Namun membersihkan mesin mobil tidak boleh sembarang. Harus ekstra hati-hati karena komponen di dalam mesin mobil sangat sensitif terhadap air. Ketika anda membersihkan mesin mobil dengan air, kemungkinan besar akan terjadi konsleting pada mesin. Hal tersebut yang kurang dipahami atau diketahui oleh beberap pemilik mobil.



Bagaiana Cara Aman Membersihkan Mesin Mobil?

Sebelum membersihkan mesin mobil, anda terlebih dahulu harus menutup komponen yang sensitif dengan air menggunakan plastik atau perlingdungan lainnya. Anda bisa menggunakan water spray untuk melakukan pembersihan pada mesin, hal ini untuk melindungi mesin agar tidak terlalu banyak terkena air.

Kemudian anda bisa menggosok mesin dengan sikat gigi bekas agar dapat membersihkan bagaian cela-cela mesin tersebut. Setelah anda memastikan bahwa bagian mesin sudah bersih, maka anda dapat melakukan tahap terakhir yaitu penyemprotan. Penyemprotan yang baik menggunakan kompresor agar menghilangkan sisa air yang menempel.

Anda harus mengetahui juga bagaimana cara menghindari kerak pada mesin mobil. Ketika selesai dibersihkan alangkah baiknya mesin didiamkan selama 2-3 jam. Kemudian anda bisa melakukan pemanasan mesin yang telah dibersihkan.